4 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan

 

Ilustrasi buah nangka. shutterstock.com

Hampir sebagian besar bagian buah nangka bisa dikonsumsi, mulai dari biji, daun, daging, hingga batang buahnya. Tidak sedikit yang menggemari buah ini karena daging buahnya yang manis. 


Daging buah nangka juga diperkaya oleh nutrisi, seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan fitokimia sehingga menyimpan manfaat kesehatan yang banyak. Berikut adalah empat manfaat buah nangka untuk tubuh:


1. Cegah penyakit kronis


Nangka memiliki kandungan vitamin dan mineral lebih tinggi dibandingkan apel, apricot, pisang, dan alpukat. Melansir WebMD, nangka juga kaya akan vitamin C dan B serta mengandung folat, niasin, potasium, magnesium, dan riboflavin yang dapat membantu mencegah perkembangan beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes. 


2. Kontrol tekanan darah 


Nangka adalah sumber potasium yang baik. Kalium menurunkan tekanan darah dengan menangkal efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.


Menurut American Heart Association (AHA), makanan kaya potasium dapat membantu menurunkan tekanan darah. AHA pun merekomendasikan bagi orang dewasa untuk mengonsumsi 4.700 miligram (mg) potasium sehari. Sementara nangka menyediakan kandungan potasium hingga 739 miligram dalam satu cangkirnya. 


3. Tingkatkan kekebalan tubuh


Kandungan serat dengan vitamin C dan beta-karoten mendukung nangka meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi virus. Selain itu, senyawa yang ditemukan dalam biji buah membantu mengaktifkan sel kekebalan kunci yang bernama neutrofit. Kandungan vitamin A dan C-nya pun dapat membantu mencegah tubuh dari berbagai penyakit. 


4. Sehatkan kulit dan mata 


Dilansir dari lifehack.org, nutrisi dan antioksidan dalam nangka seperti vitamin C meningkatkan kesehatan kulit dan memperlambat penuaan kulit. Selain itu, mengkonsumsi nangka dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Nangka juga diperkaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan bertindak sebagai pencegah katarak dan degenerasi makula.


NAOMY A. NUGRAHENI

Berita
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.