Langsung ke konten utama

5 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

  Ilustrasi minyak kelapa untuk Bioavtur. antaranews.com Minyak kelapa baik untuk kesehatan karena terdapat  kandungan antimikroba dan antioksidan. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan: 1. Membakar lemak Minyak kelapa kaya trigliserida rantai menengah (MCT) sejenis lemak jenuh. Lemak jenuh terbagi menjadi tiga subkelompok yang memiliki efek berbeda pada tubuh. Mengonsumsi MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan  Meskipun MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, perlu diingat bahwa minyak kelapa sangat tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyebabkan penambahan berat badan jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak. 2. Memiliki efek antimikroba Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antijamur karena kandungan MCT salah satunya asam laurat adalah asam lemak yang menyusun sekitar 50 persen MCT dalam minyak kelapa. Studi menunjukkan bahwa asam laurat dapat bert

Apa penyebab saraf terjepit? Bagaimana Kondisi Tubuh Ketika Mengalami Itu?

 

Nikita Mirzani dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Banten pada Jumat, 4 November 2022. Ia mengalami saraf terjepit, sehingga harus mendapat perawatan. Nikita Mirzani saat ini masih menjalani masa penahanan 20 hari di Rumah Tahanan Kelas IIB Serang Kota, Banten sejak 25 Oktober 2022. 


Apa itu saraf terjepit?

Saraf terjepit atau radikulopati terjadi ketika jaringan di sekitar saraf, seperti tulang, otot, tendon, dan tulang rawan mengalami terlalu banyak tekanan. Mengutip Mayo Clinic, saraf terjepit tergolong kondisi cedera di bagian tulang belakang. Saraf terjepit terjadi ketika terdapat tekanan yang berlebihan. Tekanan itu menganggu fungsi saraf yang menimbulkan rasa sakit, kesemutan, mati rasa.


Mengutip Medicine Net, gejala umum saraf terjepit, yakni sensasi kesemutan disertai mati rasa. Tak jarang pula nyeri dan  sensasi kesemutan sering digambarkan seperti kejutan setrum. Beberapa orang terkadang mengalami sensasi panas di bagian yang mengalami gangguan.



Tekanan yang terjadi di saraf di tulang belakang bisa memicu nyeri dari leher hingga punggung. Saraf terjepit juga mengakibatkan rasa sakit di bagian tubuh lain, seperti bahu, lengan, dan tungkai kaki. Ketika merasakan nyeri yang semakin berat harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah risiko yang fatal.



Beberapa hal yang memicu tekanan jaringan saraf, antara lain cedera, stres, kegiatan olahraga tanpa pemanasan, kondisi medis tertentu. Kondisi medis tertentu yang dimaksud seperti obesitas dan diabetes.


Untuk mencegah saraf terjepit bisa dilakukan berbagai cara sederhana. Misalnya, tidak berada dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama, menjaga berat badan ideal, melakukan peregangan setelah melakukan aktivitas.

Komentar