Langsung ke konten utama

5 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

  Ilustrasi minyak kelapa untuk Bioavtur. antaranews.com Minyak kelapa baik untuk kesehatan karena terdapat  kandungan antimikroba dan antioksidan. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan: 1. Membakar lemak Minyak kelapa kaya trigliserida rantai menengah (MCT) sejenis lemak jenuh. Lemak jenuh terbagi menjadi tiga subkelompok yang memiliki efek berbeda pada tubuh. Mengonsumsi MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan  Meskipun MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, perlu diingat bahwa minyak kelapa sangat tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyebabkan penambahan berat badan jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak. 2. Memiliki efek antimikroba Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antijamur karena kandungan MCT salah satunya asam laurat adalah asam lemak yang menyusun sekitar 50 persen MCT dalam minyak kelapa. Studi menunjukkan bahwa asam laurat dapat bert

3 Minuman yang dapat Menurunkan Kadar Asam Urat

 



TEMPO.CO, Jakarta - Penyakit asam urat termasuk jenis radang sendi yang biasanya terasa di kaki. Mengutip WebMD, asam urat terjadi dari reaksi tubuh terhadap endapan kristal yang mengiritasi persendian. Penyakit ini disebabkan kadar asam urat dalam darah yang terlalu banyak.

Tak hanya dapat diobati dengan minum obat, kadar asam urat juga dapat diredakan dengan makanan dan minuman tertentu. Berikut sejumlah minuman yang dapat menurunkan kadar asam urat: 

1. Kopi

Dikutip dari Very Well Health, sebuah studi menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan resiko asam urat. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa penurunan ini dapat bervariasi berdasarkan jenis kelamin.

Sebuah tinjauan studi pada 2015 menemukan bahwa pada pria yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki 40 persen penurunan risiko asam urat. Di sisi lain, pria yang meminum 6 cangkir atau lebih per hari memiliki resiko 59 persen lebih rendah.

Pada wanita, mereka yang meminum 1-3 cangkir kopi setiap hari, memiliki risiko asam urat 22 persen lebih rendah. Dan mereka yang minum 4 cangkir atau lebih setiap hari, memiliki resiko 57 persen lebih rendah dibandingkan wanita yang tak mengonsumsi kopi.

Dari penelitian ini, para peneliti menyimpulkan bahwa minum 4 cangkir kopi atau lebih per hari dapat menurunkan kadar asam urat dan mengurangi risiko terkena asam urat.

2. Air

Sebuah studi pada 2017 menyimpulkan bahwa tetap terhidrasi adalah kunci untuk kesembuhan dari penderita asam urat. Para peneliti pada studi tersebut menemukan bahwa asupan air dalam tubuh memiliki hubungan dengan kadar asam urat yang lebih rendah pada orang yang menderita asam urat yang dipercayai karena peningkatan ekskresi asam urat akibat asupan air yang tinggi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat efek yang lebih dari asupan air pada asam urat.

Sebuah penelitian oleh American Journal of Lifestyle Medicine menemukan bahwa keringat berlebih, seperti setelah berolahraga atau mandi sauna, menurunkan ekskresi asam urat urine, yang menyebabkan peningkatan kadar asam urat. Karena itu, peneliti menganjurkan penderita asam urat untuk banyak minum air putih untuk menghindari peningkatan kadar asam urat serum setelah aktivitas yang menyebabkan keringat berlebih.

3. Susu Rendah Lemak

Melansir laman Very Well Health, susu rendah lemak atau susu nonlemak dapat melindungi tubuh dari serangan asam urat yang berulang. Susu rendah lemak dapat menurunkan kadar asam urat dan memiliki sifat antiinflamasi yang menurunkan respons inflamasi terhadap kristal monosodium urat di dalam sendi.

MUHAMMAD SYAIFULLOH

Komentar