Langsung ke konten utama

5 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

  Ilustrasi minyak kelapa untuk Bioavtur. antaranews.com Minyak kelapa baik untuk kesehatan karena terdapat  kandungan antimikroba dan antioksidan. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan: 1. Membakar lemak Minyak kelapa kaya trigliserida rantai menengah (MCT) sejenis lemak jenuh. Lemak jenuh terbagi menjadi tiga subkelompok yang memiliki efek berbeda pada tubuh. Mengonsumsi MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan  Meskipun MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, perlu diingat bahwa minyak kelapa sangat tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyebabkan penambahan berat badan jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak. 2. Memiliki efek antimikroba Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antijamur karena kandungan MCT salah satunya asam laurat adalah asam lemak yang menyusun sekitar 50 persen MCT dalam minyak kelapa. Studi menunjukkan bahwa asam laurat dapat bert

Sederet Manfaat Sayur Kailan bagi Kesehatan Tubuh

 


Kailan adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan gizi yang yang baik untuk tubuh. Sayuran ini memiliki daun tebal, datar, mengkilap, dan memiliki warna yang hijau sedikit kebiruan dengan letak yang berseling. 


Sayuran hasil persilangan antara brokoli dan kangkung tersebut memiliki batang yang tebal seperti brokoli dengan rasa yang manis dan bentuk daun yang mirip dengan daun kangkung dengan rasa pahit. 


Mengutip WebMD, dalam 100 gram kailan mengandung 26 kalori, 1,2 gram protein, 0,76 gram lemak, 3,4 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Selain itu, kailan memberi 41 persen dari nilai vitamin C harian untuk menjaga fungsi sistem kekebalan, menyembuhkan cedera, menyerap zat besi, dan memelihara tulang, tulang rawan, dan gigi.


Seseorang juga bisa mendapatkan 40 persen dari nilai harian vitamin A dari kailan. Vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan sel yang berasal dari beta-karoten. Salah satu fungsi dari vitamin A adalah mencegah hilangnya penglihatan.


Selain kandungan di atas, kailan juga mengandung folat. Folat diperlukan untuk pertumbuhan sel dan metabolisme. Kandungan ini sangat penting bagi orang-orang yang sedang hamil atau mencoba untuk hamil. 


Tak hanya itu, folat juga dapat mengurangi risiko cacat lahir tabung saraf, seperti spina bifida, formasi yang salah dari sumsum tulang belakang, dan anencephaly, di mana otak dan tengkorak tidak berkembang dengan baik. Seratus gram kailan memiliki sekitar seperempat dari tunjangan folat harian yang direkomendasikan.


Melansir Healthxchange, berikut ini beberapa manfaat lain dari kailan bagi kesehatan:


1. Tinggi serat


Kandungan serat kailan yang tinggi dapat mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan usus. Serat dalam kailan juga memberi rasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan atau ngemil. Karena itu, tanaman kailan cocok untuk dimasukkan dalam daftar makanan diet. 


2. Sumber kalium 


Kalium dalam buah-buahan dan sayuran, termasuk kailan, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Vitamin K, magnesium, dan kalsium yang ditemukan dalam kailan dapat meningkatkan kesehatan tulang.


3. Kesehatan kulit dan rambut 


Beta-karoten dan vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Selain itu, kandungan vitamin C dalam kailan digunakan untuk membangun dan memelihara kolagen protein yang dapat memperbaiki struktur kulit dan rambut menjadi lebih halus dan lembut. 


4. Kaya akan antioksidan 


Kalian mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A dan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan dan pelindung tubuh dari kerusakan oksidatif. Selain itu, kedua nutrisi tersebut juga ampuh meningkatkan sistem kekebalan serta mengurangi risiko kanker. 


WINDA OKTAVIA

Komentar