Langsung ke konten utama

5 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

  Ilustrasi minyak kelapa untuk Bioavtur. antaranews.com Minyak kelapa baik untuk kesehatan karena terdapat  kandungan antimikroba dan antioksidan. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan: 1. Membakar lemak Minyak kelapa kaya trigliserida rantai menengah (MCT) sejenis lemak jenuh. Lemak jenuh terbagi menjadi tiga subkelompok yang memiliki efek berbeda pada tubuh. Mengonsumsi MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan  Meskipun MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, perlu diingat bahwa minyak kelapa sangat tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyebabkan penambahan berat badan jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak. 2. Memiliki efek antimikroba Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antijamur karena kandungan MCT salah satunya asam laurat adalah asam lemak yang menyusun sekitar 50 persen MCT dalam minyak kelapa. Studi menunjukkan bahwa asam laurat dapat bert

6 Jenis Makanan Ini Dapat Meningkatkan Daya Ingat


 Mengonsumsi makanan yang baik untuk kerja otak dapat berpengaruh pada daya ingat atau memori yang dibuat oleh otak. Mengutip Healthline, berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan kemampuan memori maupun daya ingat: 


1. Ikan berlemak


Ikan salmon, trout, tuna albacore, herring dan sarden merupakan jenis ikan berlemak yang kaya akan omega-3. Otak memerlukan omega-3 untuk membangun sel otak, syaraf, serta kemampuan memori. Tak hanya itu, ikan juga efektif untuk menangkal penyakit alzheimer. 


2. Kopi


Kopi mengandung kafein dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan otak. Kafein memiliki sejuta manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan kewaspadaan, suasana hati membaik, serta konsentrasi lebih tajam. Minum kopi juga dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit syaraf seperti parkinson dan alzheimer. 


3. Blueberry


Blueberry kaya akan anthocyanin, senyawa dengan efek antiinflamasi dan antioksidan. Antioksidan tersebut yang berfungsi untuk menunda penuaan otak dan meningkatkan daya ingat. 


4. Brokoli


Brokoli mengandung senyawa antioksidan serta kaya akan vitamin K. Menurut beberapa penelitian asupan brokoli dapat berpengaruh baik terhadap kemampuan daya ingat dan melindungi otak dari kerusakan.


5. Kacang 


Menurut berbagai penelitian, kacang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Jantung yang sehat menandakan otak yang sehat pula. Menurut studi yang dilakukan pada 2014, wanita yang mengonsumsi kacang secara teratur memiliki ingatan yang lebih tajam dibandingkan wanita yang tidak makan kacang.


6. Jeruk 


Jeruk kaya akan vitamin C yang baik untuk menghindari radikal bebas. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Selain itu, vitamin C mendukung kesehatan otak seiring bertambahnya usia dan dapat melindungi terhadap kondisi seperti gangguan depresi berat, kecemasan, skizofrenia, dan penyakit Alzheimer.


MELINDA KUSUMA NINGRUM

Komentar