Langsung ke konten utama

5 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

  Ilustrasi minyak kelapa untuk Bioavtur. antaranews.com Minyak kelapa baik untuk kesehatan karena terdapat  kandungan antimikroba dan antioksidan. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan: 1. Membakar lemak Minyak kelapa kaya trigliserida rantai menengah (MCT) sejenis lemak jenuh. Lemak jenuh terbagi menjadi tiga subkelompok yang memiliki efek berbeda pada tubuh. Mengonsumsi MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan  Meskipun MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, perlu diingat bahwa minyak kelapa sangat tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyebabkan penambahan berat badan jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak. 2. Memiliki efek antimikroba Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antijamur karena kandungan MCT salah satunya asam laurat adalah asam lemak yang menyusun sekitar 50 persen MCT dalam minyak kelapa. Studi menunjukkan bahwa asam laurat dapat bert

5 Manfaat Berbicara dengan Diri Sendiri

 



Umumnya seseorang yang sering berbicara dengan diri sendiri dianggap aneh dan tidak wajar. Padahal, hal tersebut merupakan hal yang normal. Bahkan, berbicara dengan diri sendiri memiliki segudang manfaat.

Dikutip dari laman Health Direct, berikut ini adalah manfaat berbicara dengan diri sendiri:

1. Motivasi

Sebuah penelitian menujukkan bahwa ketika para pemain bola basket berbicara kepada diri sendiri dengan pernyataan instruksional, mereka akan meunjukkan peningkatan kemampuan secara signifikan. Misalnya, ungkapan sederhana “saya pasti bisa” dapat membuat sebuah tim olahraga menjadi lebih on fire

2. Meredakan stres

Ketika stres, salah satu coping mechanism yang bisa dilakukan adalah dengan berbicara dengan diri sendiri. Hal ini karena ketika berbicara dengan diri sendiri dapat mengatur emosi yang sedang terjadi.

3. Melatih memori

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berbicara dengan diri sendiri dapat meningkatkan ingatan. Hal ini karena dengan berbicara sendiri akan menciptakan hubungan yang kuat antara kata-kata yang diucapkan.

4. Meningkatkan fokus

Berbicara sendiri juga membantu banyak orang untuk lebih fokus. Hal ini karena dengan berbicara sendiri, seseorang akan melibatkan banyak area otak sehingga lebih memerhatikan hal-hal yang berada di sekitarnya.

5. Menyelesaikan masalah

Ketika sedang menghadapi suatu permasalahan, berbicara sendiri merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Metode ini dikenal dengan self explaining. Metode tersebut dapat membantu untuk memantau progress seseorang ketika menghadapi masalah dan meningkatkan kinerja untuk mengatasi masalah.

EIBEN HEIZIER

Komentar