Langsung ke konten utama

5 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

  Ilustrasi minyak kelapa untuk Bioavtur. antaranews.com Minyak kelapa baik untuk kesehatan karena terdapat  kandungan antimikroba dan antioksidan. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan: 1. Membakar lemak Minyak kelapa kaya trigliserida rantai menengah (MCT) sejenis lemak jenuh. Lemak jenuh terbagi menjadi tiga subkelompok yang memiliki efek berbeda pada tubuh. Mengonsumsi MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan  Meskipun MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, perlu diingat bahwa minyak kelapa sangat tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyebabkan penambahan berat badan jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak. 2. Memiliki efek antimikroba Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antijamur karena kandungan MCT salah satunya asam laurat adalah asam lemak yang menyusun sekitar 50 persen MCT dalam minyak kelapa. Studi menunjukkan bahwa asam laurat dapat bert

5 Cara Efektif Merawat Kulit Berjerawat

 



Jerawat bisa muncul pada usia dewasa, bukan hanya masalah bagi remaja yang memasuki masa pubertas. Jika memiliki kulit yang cenderung berjerawat, maka perawatan yang dilakukan harus ekstra hati-hati. Butuh berbagai langkah untuk menemukan rejimen kecantikan yang efektif, termasuk mencoba berbagai produk, sering mengunjungi dokter kulit, dan bahkan mungkin membuat sedikit perubahan gaya hidup. 

Berikut lima langkah perawatan kulit berjerawat yang dilansir dafi Pink Villa, Minggu, 16 Oktober 2022. 

1. Hindari mencukur

Saat menggunakan pisau cukur, biasanya disarankan untuk bergerak perlahan ke bawah untuk mencegah bekas jerawat dan noda. Mencukur ke arah pertumbuhan rambut dan sering membersihkan pisau. Meskipun efisien dalam menghilangkan rambut, waxing dan threading dapat menyebabkan iritasi atau jerawat. Dengan hati-hati, gunakan teknik penghilangan rambut ini untuk memastikan menghindari jerawat.

2. Gunakan riasan berbasis air dan bebas minyak 

Orang menggunakan makeup untuk menutupi kekurangan. Tapi hati-hati, ini bisa buruk untuk kulit berjerawat. Produk berminyak yang mengandung minyak mineral, cocoa butter, atau krim dingin dapat memperburuk jerawat. Seperti lotion dan tabir surya, riasan harus berbahan dasar air, hipoalergenik, nonkomedogenik, dan bebas minyak. 

3. Gunakan seprai bersih 

Kotoran dan minyak di tempat tidur akan berpindah ke kulit saat tidur. Karena wajah bersandar pada sarung bantal, ini sangat penting. Gunakan sarung bantal satin bila memungkinkan dan ganti seprai sesering mungkin. 

4. Setelah berolahraga, segera mandi dan bersihkan wajah

Keringat menempel di wajah dan mungkin termasuk bakteri yang menyebabkan jerawat. Coba gunakan pembersih benzoil peroksida di kamar mandi untuk mengobati jerawat punggung dan dada. Ingatlah bahwa peroksida akan memutihkan seprai atau sarung bantal, jadi gunakan kain lap dan handuk putih, dan pastikan benar-benar kering sebelum berpakaian. 

5. Hindari menggunakan waslap untuk membersihkan wajah

Mencuci muka dengan tangan lebih efektif daripada menggunakan handuk untuk menggosok kulit hingga kering. Menggosok kulit bahkan dapat memperburuk jerawat, jadi sebaiknya dihindari.

Komentar