Langsung ke konten utama

5 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

  Ilustrasi minyak kelapa untuk Bioavtur. antaranews.com Minyak kelapa baik untuk kesehatan karena terdapat  kandungan antimikroba dan antioksidan. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan: 1. Membakar lemak Minyak kelapa kaya trigliserida rantai menengah (MCT) sejenis lemak jenuh. Lemak jenuh terbagi menjadi tiga subkelompok yang memiliki efek berbeda pada tubuh. Mengonsumsi MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan  Meskipun MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, perlu diingat bahwa minyak kelapa sangat tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyebabkan penambahan berat badan jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak. 2. Memiliki efek antimikroba Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antijamur karena kandungan MCT salah satunya asam laurat adalah asam lemak yang menyusun sekitar 50 persen MCT dalam minyak kelapa. Studi menunjukkan bahwa asam laurat dapat bert

3 Cara Diagnosis Penyakit Kawasaki

 


Mengutip Kids Health, penyakit kawasaki menyebabkan peradangan di pembuluh darah pada balita. 


Fase awal penyakit kawasaki ditandai demam tinggi yang berlangsung lebih dari lima hari, dikutip WebMD. Penyakit kawasaki juga ditandai munculnya ruam atau kulit terkelupas, biasanya di antara bagian dada dan kaki.


Bagaimana cara diagnosa penyakit Kawasaki?


Merujuk Mayo Clinic, diagnosis penyakit kawasaki memerlukan pemeriksaan fisik, tes darah dan urine.


1. Tes darah


Tes ini berguna menyingkirkan penyakit lain dan memeriksa jumlah sel darah. Tes juga memeriksa kadar sel darah putih dan ada atau tidak anemia.


2. Elektrokardiogram


Elektrokardiogram untuk mengukur impuls listrik dari detak jantung. Sebab penyakit kawasaki rentan menyebabkan masalah irama jantung.


3. Ekokardiogram


Tes ini untuk menunjukkan seberapa baik jantung bekerja dan mengidentifikasi masalah arteri koroner.


Meskipun penyakit kawasaki tergolong tidak menular, penyakit ini cukup berbahaya. Merujuk Hopkins Medicine, para ahli belum mengetahui pasti penyebab penyakit kawasaki. Penyakit itu tidak menular dan tak bisa menyebar.


Sejauh ini penyakit kawasaki diketahui akibat perubahan gen terkait infeksi virus atau bakteri. Sebab, infeksi mampu menyebabkan sistem kekebalan menyerang dinding pembuluh darah yang menyebabkan peradangan.


Penyakit kawasaki juga ditandai munculnya ruam atau kulit terkelupas, biasanya di antara bagian dada dan kaki Gejala lainnya pembengkakan dan kemerahan di tangan dan bagian bawah kaki. Mata memerah dan terjadi pembengkakan kelenjar, terutama di leher. Bagian Tenggorokan, mulut, dan bibir juga mengalami iritasi atau pembengkakan.


Fase kedua penyakit kawasaki kerap ditandai nyeri sendi, sakit perut yang berakibat diare dan muntah. Ada pengelupasan kulit di bagian tangan dan kaki. Penyakit kawasaki juga ditandai munculnya ruam atau kulit terkelupas, biasanya di antara bagian dada dan kaki.

Komentar