Langsung ke konten utama

Khasiat Jahe Juga Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Apa Lagi?

  Jahe merupakan rempah yang termasuk dalam keluarga Zingiberaceae. Bukan hanya cita rasanya yang mampu memberikan kehangatan alami pada tubuh, jahe juga miliki segudang khasiat sehat lain. Tanaman ini masih satu genus yang sama dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas.   Rimpang atau batang bawah tanah adalah bagian yang biasa digunakan sebagai bumbu sehingga sering disebut akar jahe. Jahe dapat digunakan secara langsung, kering, hingga bubuk. Rimpang ini merupakan bahan yang sangat umum digunakan dalam resep, bahkan tak jarang digunakan ke dalam bahan olahan kosmetik. Berikut 11 manfaat jahe untuk kesehatan yang didukung oleh penelitian ilmiah. Mengandung gingerol   Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe. Gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.   Di antara manfaat gingerol adalah dapat membantu mengurangi stres oksidatif , yang merupakan hasil dari kelebihan jumlah radikal bebas dalam tubuh.   Atasi mual  Jahe banyak dipercaya jadi obat mual. Bahka

Kiat Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah secara Alami

 


Bibir kering dan pecah-pecah membuat tidak nyaman. Penyebab bibir kering bisa beragam, karena sinar matahari, juga udara yang dingin atau panas. 


Jika dibiarkan, bibir pecah-pecah biasanya akan menimbulkan luka yang mengeluarkan darah dan membuat penampilan tidak baik. Parahnya, apabila mengalami hal ini kita tak dapat dengan mudah menggunakan produk seperti lipstik atau pelembab bibir. Berikut cara merawat bibir agar tidak kering, dilansir dari Medicalnewstoday. 


Menggunakan pelembab bibir alami 

Alam juga menyediakan pelembab bibir yang mudah diaplikasikan. Menggunakan bahan ini juga tak memerlukan pengolahan yang rumit. Bahan yang bisa dipakai sebagai pelembab bibir alami yakni: 


-Lidah buaya: Mengandung antioksidan, vitamin, mineral, juga anti-inflamasi yang bermanfaat untuk menenangkan serta menghidrasi kulit bibir yang rusak. 


-Madu: Salah satu pelembab alami yang ajaib dalam melembabkan. Selain mengandung antioksidan, madu juga mengandung sifat antibakteri yang bisa memberikan manfaat mencegah infeksi saat bibir kering dan pecah-pecah. 


-Mentimun: Karena kaya vitamin dan mineral, mentimun juga bisa membantu melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah. 


-Teh hijau: Dikenal karena polifenol yang bisa mengurangi peradangan, teh hijau juga kaya antioksidan dan mineral. 


Mengeksfoliasi bibir 

Melakukan pengelupasan area bibir yang kering juga dapat cara menyembuhkannya. Caranya dengan menggunakan soda kue ataupun scrub bibir dengan lembut pada area yang kering. Pilihlah scrub bibir yang mengandung bahan yang punya manfaat menenangkan serta melembabkan. 


Berhenti atau kurangi merokok 

Merokok juga merupakan salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah karena asap tembakau bisa membuat iritasi kulit bibir yang cenderung sensitif. Biasanya, perokok sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah, yang akan hilang setelah berhenti merokok. Selain menyebabkan bibir pecah-pecah, merokok juga bisa menyebabkan masalah kesehatan mulut lain seperti sariawan, juga nyeri pada gusi. 


Minum air putih 

Bibir kering dan pecah-pecah juga bisa disebabkan dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, tubuh akan menarik air pada area-area tertentu, termasuk bibir. Hal ini dilakukan agar sel tetap terhidrasi. Namun, ini juga yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Minum air putih dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free

Komentar