Langsung ke konten utama

Khasiat Jahe Juga Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Apa Lagi?

  Jahe merupakan rempah yang termasuk dalam keluarga Zingiberaceae. Bukan hanya cita rasanya yang mampu memberikan kehangatan alami pada tubuh, jahe juga miliki segudang khasiat sehat lain. Tanaman ini masih satu genus yang sama dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas.   Rimpang atau batang bawah tanah adalah bagian yang biasa digunakan sebagai bumbu sehingga sering disebut akar jahe. Jahe dapat digunakan secara langsung, kering, hingga bubuk. Rimpang ini merupakan bahan yang sangat umum digunakan dalam resep, bahkan tak jarang digunakan ke dalam bahan olahan kosmetik. Berikut 11 manfaat jahe untuk kesehatan yang didukung oleh penelitian ilmiah. Mengandung gingerol   Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe. Gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.   Di antara manfaat gingerol adalah dapat membantu mengurangi stres oksidatif , yang merupakan hasil dari kelebihan jumlah radikal bebas dalam tubuh.   Atasi mual  Jahe banyak dipercaya jadi obat mual. Bahka

Gejala dan Diagnosis Nefropati Diabetik atau Komplikasi Diabetes yang Menyerang Ginjal

 

Nefropati diabetik komplikasi diabetes yang menyerang ginjal.  Merujuk National Center for Biotechnology Information, nefropati diabetik atau penyakit ginjal diabetik sindrom yang ditandai adanya jumlah patologis ekskresi albumin urine, lesi glomerulus diabetikum, dan hilangnya laju filtrasi glomerulus (GFR) orang yang mengalami diabetes.

Mengutip Healthline, lebih 40 persen kondisi gagal ginjal tersebab diabetes. Ginjal membantu mengatur kadar cairan dan garam dalam tubuh yang sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung. 

Gejala nefropati diabetik

Mengutip Medical News Today, seseorang mungkin tak merasa gejala apa pun saat tahap awal. Jika dibiarkan tak mendapat perawatan yang tepat, ketika memasuki kondisi tahap 4 atau 5, tubuh mulai merasa tak sehat:

  • Pergelangan kaki bengkak
  • Kaki atau tangan menyimpan air
  • Urine berwarna gelap
  • Sesak napas
  • Kelelahan karena kekurangan oksigen dalam darah
  • Mual atau muntah
  • Ada rasa logam dalam mulut

Diagnosis nefropati diabetik 

1. Tes urine mikroalbuminuria

Memeriksa albumin dalam urine. Urine normal tak mengandung albumin. Jika ada protein dalam urine menandakan kerusakan ginjal.

2. Tes darah

full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free full& free

Memeriksa keberadaan nitrogen urea dalam darah. Nitrogen urea terbentuk ketika protein dipecah. Tingkat nitrogen urea yang lebih tinggi dari normal dalam darah memungkinkan gejala gagal ginjal

3. Tes darah kreatinin serum

Ginjal mengeluarkan kreatinin dari tubuh mengirimkan ke kandung kemih. Jika ginjal rusak, tak bisa mengeluarkan kreatinin dari darah. Mengutip Healthline, kadar kreatinin yang tinggi dalam darah bisa berarti ginjal tak berfungsi secara tepat. Dokter akan mengecek tingkat kreatinin untuk memperkirakan laju filtrasi glomerulus (eGFR) yang membantu menentukan kondisi ginjal.

4. Biopsi ginjal

Biopsi ginjal prosedur pembedahan sampel kecil dari satu atau kedua ginjal untuk dilihat di bawah mikroskop.

Komentar