Langsung ke konten utama

Khasiat Jahe Juga Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Apa Lagi?

  Jahe merupakan rempah yang termasuk dalam keluarga Zingiberaceae. Bukan hanya cita rasanya yang mampu memberikan kehangatan alami pada tubuh, jahe juga miliki segudang khasiat sehat lain. Tanaman ini masih satu genus yang sama dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas.   Rimpang atau batang bawah tanah adalah bagian yang biasa digunakan sebagai bumbu sehingga sering disebut akar jahe. Jahe dapat digunakan secara langsung, kering, hingga bubuk. Rimpang ini merupakan bahan yang sangat umum digunakan dalam resep, bahkan tak jarang digunakan ke dalam bahan olahan kosmetik. Berikut 11 manfaat jahe untuk kesehatan yang didukung oleh penelitian ilmiah. Mengandung gingerol   Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe. Gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.   Di antara manfaat gingerol adalah dapat membantu mengurangi stres oksidatif , yang merupakan hasil dari kelebihan jumlah radikal bebas dalam tubuh.   Atasi mual  Jahe banyak dipercaya jadi obat mual. Bahka

5 Efek Samping Minum Teh

Kopi boleh menyandang gelar minuman favorit dunia, tapi sebenarnya yang paling banyak dikonsumsi adalah teh. Penelitian menunjukkan bahwa minum teh memiliki banyak manfaat, misalnya mengurangi peradangan, penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit kronis, menurunkan gula darah, dan banyak lagi.

Meskipun demikian, teh bukannya tidak memiliki efek samping ketika diminum dalam jumlah banyak.

Inilah dampak negatif yang dirasa ketika minum teh berlebihan.

1. Mengganggu ritme alami tubuh

Tergantung jenisnya, teh mengandung kafein seperti halnya kopi. Teh hitam, putih, dan hijau rata-rata mengandung sekitar 14-61 miligram kafein per porsi. Meski tidak sebanyak secangkir kopi yang mengandung sekitar 96 miligram per cangkir, teh tetap berpotensi membuat ritme sirkadian alami tubuh tidak seimbang.

Sistem sirkadian adalah ritme yang diikuti tubuh kita selama 24 jam, termasuk waktu kita bangun dan tidur. Ritme sirkadian dapat kehilangan keseimbangan dari hal-hal seperti cahaya, stres, pekerjaan, dan kafein. Sangat penting untuk menjaga ritme alami kita karena ini membantu kita merasa lebih waspada di siang hari, tidur lebih nyenyak di malam hari, dan menjaga kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Jika terlalu banyak minum teh berkafein di sore atau malam hari, jadwal tidur akan terganggu yang artinya akan mengganggu ritme sirkadian juga.

2. Meningkatkan risiko kanker kerongkongan

Ini agak mengejutkan, tetapi minum teh panas telah dikaitkan dengan karsinoma sel skuamosa esofagus atau kanker kerongkongan. Dalam sebuah penelitian yang berfokus pada populasi Iran Utara, ditemukan bahwa minum teh hitam panas dalam jumlah yang lebih banyak adalah salah satu penyebab utama kanker kerongkongan. Penelitian lain telah menemukan hasil yang serupa, mencatat bahwa kopi panas dan teh panas diketahui menyebabkan kerusakan jangka panjang pada kerongkongan. 

3. Kadar zat besi bisa menurun

Teh dapat memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita anemia atau kekurangan zat besi lainnya sebaiknya menghindarinya. Menurut sebuah studi Food Science and Nutrition, teh hitam dan hijau telah terbukti membatasi bioavailabilitas zat besi hingga 94 persen. 

Laporan Current Developments in Nutrition menyatakan bahwa tanin yang ditemukan dalam teh mungkin menjadi penyebab perubahan penyerapan zat besi dalam tubuh.  Ketika kadar zat besi rendah, orang mungkin mengalami hal-hal seperti kelelahan, kegelisahan, kulit kering, dan sakit kepala.

4. Sering ke toilet 

Teh hitam dan hijau dianggap diuretik, penyebab sering buang air kecil. Ini terjadi karena diuretik secara alami meningkatkan kadar natrium di ginjal, yang dikeluarkan tubuh secara alami bersama dengan air. 

Menurut sebuah laporan di The Pharma Innovation Journal, sifat diuretik dari teh hijau dan hitam dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan dehidrasi. Ini kemudian dapat menyebabkan hal-hal seperti lesu, detak jantung meningkat atau tidak teratur, dan sakit kepala hebat.

5. Sembelit

Di antara banyak senyawa alami yang ditemukan dalam teh, teofilin adalah yang umum. Senyawa ini ditemukan dalam kopi dan teh, dan kadang-kadang digunakan untuk menghaluskan otot-otot saluran napas bagi pasien asma. Meskipun memiliki manfaat pernapasan, teh dapat menyebabkan efek samping ringan namun mengganggu.

Menurut laporan dari Internal Agency for Research on Cancer, mengonsumsi teofilin dari teh dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Sumber lain juga menyatakan bahwa teofilin telah diketahui menyebabkan konstipasi dan mual.

Watch Falcons vs. Saints Watch Falcons vs. Saints Watch Falcons vs. Saints Watch Falcons vs. Saints Watch Falcons vs. Saints Watch Falcons vs. Saints Watch Falcons vs. Saints Watch Falcons vs. Saints Watch Falcons vs. Saints Watch Falcons vs. Saints Watch Falcons vs. Saints one piece film red full movie m2br bv2t qy5a q4yt dragon ball super super hero full movie top gun maverick full movie thor love and thunder full movie after ever happy full movie b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr

Komentar