Langsung ke konten utama

Khasiat Jahe Juga Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Apa Lagi?

  Jahe merupakan rempah yang termasuk dalam keluarga Zingiberaceae. Bukan hanya cita rasanya yang mampu memberikan kehangatan alami pada tubuh, jahe juga miliki segudang khasiat sehat lain. Tanaman ini masih satu genus yang sama dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas.   Rimpang atau batang bawah tanah adalah bagian yang biasa digunakan sebagai bumbu sehingga sering disebut akar jahe. Jahe dapat digunakan secara langsung, kering, hingga bubuk. Rimpang ini merupakan bahan yang sangat umum digunakan dalam resep, bahkan tak jarang digunakan ke dalam bahan olahan kosmetik. Berikut 11 manfaat jahe untuk kesehatan yang didukung oleh penelitian ilmiah. Mengandung gingerol   Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe. Gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.   Di antara manfaat gingerol adalah dapat membantu mengurangi stres oksidatif , yang merupakan hasil dari kelebihan jumlah radikal bebas dalam tubuh.   Atasi mual  Jahe banyak dipercaya jadi obat mual. Bahka

4 Efek Buruk Kafein Bikin Kulit Dehidrasi Hingga Kusam

 



Kafein memiliki efek positif dan negatif untuk kulit. Apa pun sumbernya, kopi, teh, atau minuman berenergi dan sebagainya tetap kafein. Dokter kulit Dennis Gross mengingatkan untuk menjaga kesehatan kulit penting untuk memperhatikan seberapa banyak kafein yang dikonsumsi. 

"Benar-benar tidak ada konsekuensi negatif [untuk kulit Anda] jika Anda mengonsumsi satu cangkir kopi 12 ons setiap hari," kata Dr. Gross, seperti dikutip dari laman Well+Good. "Namun, jika dikonsumsi berlebihan, Anda dapat mengalami beberapa efek samping negatif." 

Efek buruk kafein terhadpa kulit

1. Dehidrasi

“Kafein bersifat diuretik, yang berarti meningkatkan diuresis, peningkatan produksi urin, yang dapat menyebabkan dehidrasi,” kata Dr. Gross. “Saat Anda mengalami dehidrasi, kulit bisa tampak kering dan kusam.”

Ahli diet Melissa Rifkin, menyarankan karena efek diuretiknya, selalu pastikan Anda terhidrasi sepanjang hari saat mengonsumsi kafein. "Cara terbaik untuk memeriksa status hidrasi adalah dengan warna urin Anda: Ketika berwarna kuning muda, itu menunjukkan hidrasi yang cukup," katanya.

2. Tidur terganggu berarti kulit tampak lelah

Minum kafein di sore hari dapat berdampak negatif pada siklus tidur Anda. “Mengkonsumsi kafein setelah jam 4 sore. dapat mempengaruhi tidur bahkan berjam-jam kemudian,” kata Dr. Gross. "Ini dapat menyebabkan insomnia atau mengganggu tidur REM yang nyenyak, yang pada akhirnya bertindak sebagai stresor pada sistem saraf kita dan dapat menyebabkan lingkaran di bawah mata dan bengkak karena kelelahan."

3. Memicu rosacea

Perlu diingat bahwa tidak semua orang merespons kafein dengan cara yang sama. Ada beberapa orang yang sensitif terhadap kafein—bahkan satu cangkir kopi mungkin terlalu banyak—dan kulit mereka akan bereaksi lebih kuat terhadap konsumsi kafein daripada mereka yang memiliki toleransi kafein tinggi. “Kafein dikenal sebagai pemicu rosacea, terutama bagi mereka yang sensitif terhadapnya. Ini dapat menyebabkan pembengkakan dan kemerahan, seperti pemicu lainnya seperti anggur merah dan makanan pedas,” kata Dr. Gross.

4. Memperburuk stres internal, yang dapat menyebabkan kulit kusam atau berminyak

Menurut Dr. Gross, konsumsi kafein yang berlebihan dapat memperburuk agitasi dan kegugupan karena dapat menyebabkan lonjakan kadar kortisol dan adrenalin, menambah stres yang dialami orang dalam kehidupan sehari-hari. “Meski tidak dikonsumsi secara berlebihan, kafein bisa memperparah peristiwa fisiologis yang terjadi di dalam tubuh saat stres. Tubuh Anda memprioritaskan aliran darah ke organ vital dan jauh dari kulit, yang mengakibatkan pucat, kusam, lingkaran di bawah mata dan bahkan dapat menyebabkan kulit berminyak," katanya.

Meski ada beberapa efek negatif yang bisa terjadi saat kafein dikonsumsi, ternyata kafein memiliki beberapa manfaat topikal. “Ini karena mengoleskan kafein secara topikal tidak masuk ke aliran darah seperti saat dikonsumsi,” kata Dr. Gross. “Faktanya, kafein bisa menjadi bahan yang efektif dalam perawatan kulit, terutama untuk produk mata dan produk yang menargetkan kemerahan. Itu melakukan pekerjaan yang sangat baik mengurangi bengkak, kemerahan dan peradangan."

Dr. Gross menjelaskan kafein adalah vasokonstriktor yang berarti menyempitkan pembuluh darah, jadi mengoleskan kafein langsung ke kulit dapat mengurangi kulit merah, bengkak, dan/atau meradang. Selain itu, kafein juga memiliki manfaat antioksidan ketika dioleskan. “Kopi adalah sumber antioksidan yang hebat oleh karena itu, secara topikal, kopi dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan di masa depan,” katanya. 

Ahli diet Ryan Andrews mengingatkan bahwa kita mengonsumsi banyak senyawa setiap hari melalui diet, dan ada berbagai macam tanggapan terhadap senyawa ini. "Kafein tidak berbeda: Beberapa orang memetabolisme kafein lebih cepat atau lebih lambat, yang akan mempengaruhi jenis dampak kafein," katanya. Seperti kebanyakan hal dalam hidup, hubungan antara kafein dan kulit dapat bermanfaat jika digunakan dalam jumlah sedang. 

one piece film red full movie m2br bv2t qy5a q4yt dragon ball super super hero full movie top gun maverick full movie thor love and thunder full movie after ever happy full movie b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr b2jr

Komentar