Langsung ke konten utama

Khasiat Jahe Juga Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Apa Lagi?

  Jahe merupakan rempah yang termasuk dalam keluarga Zingiberaceae. Bukan hanya cita rasanya yang mampu memberikan kehangatan alami pada tubuh, jahe juga miliki segudang khasiat sehat lain. Tanaman ini masih satu genus yang sama dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas.   Rimpang atau batang bawah tanah adalah bagian yang biasa digunakan sebagai bumbu sehingga sering disebut akar jahe. Jahe dapat digunakan secara langsung, kering, hingga bubuk. Rimpang ini merupakan bahan yang sangat umum digunakan dalam resep, bahkan tak jarang digunakan ke dalam bahan olahan kosmetik. Berikut 11 manfaat jahe untuk kesehatan yang didukung oleh penelitian ilmiah. Mengandung gingerol   Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe. Gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.   Di antara manfaat gingerol adalah dapat membantu mengurangi stres oksidatif , yang merupakan hasil dari kelebihan jumlah radikal bebas dalam tubuh.   Atasi mual  Jahe banyak dipercaya jadi obat mual. Bahka

2 Minuman Ini Sebabkan Penuaan Dini

 


Minuman apa pun yang mengandung gula tinggi dan sirup jagung fruktosa tinggi bisa memicu munculnya tanda penuaan dini pada kulit. Tapi ada dua minuman yang efeknya lebih besar sehingga lebih baik dihindari jika tak ingin terlihat cepat tua.

Cheryl Rosen, Direktur Dermatologi di BowTied Life; Ksenia Sobchak, dokter kulit dan ahli kosmetik di Loxa Beauty; dan Ahli Gizi Terdaftar Jay Cowin dari ASYSTEM, mengungkap dua jenis minuman itu, yakni soda manis dan alkohol.

“Banyak orang tidak menyadari bahwa minum soda bisa berdampak buruk bagi kulit mereka,” jelas Rosen. "Soda sarat dengan gula dan kalori kosong, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan, gula dalam soda juga dapat berdampak negatif pada kulit."

Rosen mengatakan bahwa soda dalam jumlah besar setiap hari dapat menyebabkan penuaan dini atau lebih cepat tua karena mengandung gula dan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. “Bahan kimia seperti fosfor, kalium, dan kafein melarutkan mineral dari tulang dan dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Gula dalam soda adalah salah satu penyebab utama diabetes, yang juga dapat menyebabkan penuaan dini,” lanjutnya.

Saat Anda minum soda, Rosen mencatat, molekul gula mengikat protein di kulit, menyebabkan peradangan dan jerawat. Soda juga dapat mengeringkan kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap kerutan. Karena soda mengandung kafein, soda dapat membuat dehidrasi, yang selanjutnya dapat merusak kulit. 

Sobchak sependapat. Dia menambahkan soda dengan gula yang tinggi dapat mempercepat proses penuaan. "Konsumsi soda sering meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dan pada kulit dapat menyebabkan kondisi seperti keriput, kendor, tekstur kasar, kulit kusam, dan berminyak," kata Sobchak.

Dia menunjukkan bahwa soda berpengaruh terhadap penuaan dini dengan melepaskan efek inflamasi berbahaya yang berdampak pada kesehatan kulit secara keseluruhan. “Kebanyakan soda mengandung  produk akhir glikasi canggih yang berinteraksi negatif dengan nutrisi penting seperti lipid, asam nukleat, dan protein. Usia menghancurkan nutrisi ini membuat kulit rentan terhadap infeksi dan mempertinggi proses penuaan,” catatnya.

Alkohol adalah minuman lain yang memiliki konsekuensi kesehatan mirip, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Selain mabuk, konsumsi alkohol dalam jumlah banyak menyebabkan kerusakan hati dan kenaikan berat badan. Belum banyak yang tahu bahwa alkohol juga memicu penuaan kulit karena dehidrasi.

Sama halnya dengan soda dan minuman manis lainnya, masalah utama alkohol dalam hal kesehatan kulit adalah fakta bahwa alkohol menyebabkan dehidrasi.

"Dehidrasi dapat menyebabkan beberapa masalah kulit, termasuk kulit kering, keriput, dan jerawat," ujar Cowin. "Selain itu, alkohol adalah racun yang diketahui dapat merusak kulit dari waktu ke waktu."

Ahli diet Dana Ellis Hunnes menambahkan bahwa efek dehidrasi alkohol dapat menyebabkan munculnya tanda penuaan dini seperti kulit kusam dan kehilangan elastisitas. "Diet sehat penting untuk menjaga kulit terlihat terbaik," kata dia. Dan alkohol biasanya bukanlah pilihan yang sehat.

SHE FINDS

Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index Google Index

Komentar